Winarni: Tradisi Harus Berlanjut

Candipuro – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, mengajak masyarakat untuk terus melestarikan tradisi bersih desa yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Hal itu disampaikan Winarni saat menghadiri acara Bersih Desa di Desa Trimomukti, Kecamatan Candipuro, Kamis (1/8/2024). Acara ini berlangsung meriah dan dihadiri oleh ratusan warga desa yang antusias mengikuti berbagai rangkaian kegiatan.

Dalam sambutannya, Winarni menyampaikan apresiasinya kepada seluruh warga desa yang telah berpartisipasi aktif dalam menjaga tradisi Dirinya juga menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya serta tradisi lokal.

“Bersih desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas segala kenikmatan dan kesejahteraan yang kita dapatkan. Oleh karena itu, nilai-nilai bersih desa yang ada di Desa Trimomukti ini harus dilanjutkan,” ujar Winarni.

Selain itu, Bunda Winarni juga mengingatkan pentingnya partisipasi generasi muda dalam melestarikan tradisi ini. Menurutnya, pelibatan generasi muda sangat penting agar tradisi ini tidak punah dan tetap hidup di masa yang akan datang.

Terlebih tradisi ini selalu rutin dilaksanakan oleh Desa Trimomukti setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan masyarakat Desa Trimomukti adalah masyarakat yang pandai bersyukur kepada Tuhan.

“Tradisi seperti ini dibudayakan, dikenalkan kepada anak-anak dan generasi muda melalui pendidikan dan organisasi ditingkat desa. Supaya terus lestari dan jangan sampai tergerus oleh budaya luar,” imbuh Winarni.

Pantauan tim ini, kegiatan Bersih Desa itu juga dimeriahkan dengan Pagelaran Kesenian Wayang Kulit dan Campur Sari Krido Mardi Budoyo, dengan Ki Dalang Guno Pranyoto.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto nampak menyerahkan Wayang Kulit secara simbolis kepada Ki Dalang Guno Pranyoto, sebagai tanda dimulainya Pagelaran Kesenian Wayang Kulit tersebut. (R/ptm)

banner 528x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *