Ikuti Bersih Desa, Nanang: Semoga Pemuda Dapat Wariskan Ini Smeua

Tanjung Bintang – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri kegiatan pengajian dalam rangka bersih desa di Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang, yang digelar di Lapangan Sepak Bola Pringgodani, Dusun Pete Cina, Minggu (04/08/2024).

Kegiatan bersih desa yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu juga dimeriahkan dengan Pagelaran Wayang Kulit dengan Ki Dalang Muryanto Cermin Sapurtro dari Kalirejo, Lampung Tengah.

Dengan mengundang KH. M. Muslih M.H dari pondok Pesantren Darul Fattah Lampung Timur dan Ki Dalang Muryanto Cermin Sapurtro yang berasal dari Kalirejo Lampung TengahTengah, acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Pringgodani, Dusun Pete Cina Desa Way Galih. Minggu (04/08/2024).

Acara bersih desa tersebut yang telah dimulai sejak 3 Agustus 2024 kemarin, diawali dengan acara doa lintas agama, Khataman Qur’an, Pengajian yang diisi tausiah KH. M. Muslih M.H dari Pondok Pesantren Darul Fattah Lampung Timur dan ditutup dengan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, selaku warga Desa Way Galih menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah bersama-sama menggelar bersih desa yang dikemas dengan Ceramah Agama dan Pegelaran Wayang Kulit.

”Kegiatan seperti ini memang sudah menjadi tradisi desa Way Galih setiap tahun baru Islam. Diisi kesenian wayang kulit, biasanya dilaksanakan dengan cara bergilir di setiap dusun,” kata Nanang.

Nanang juga mengatakan, kegiatan bersih desa bisa menjadi tradisi positif yang harus dipertahankan keberadaannya. Menurutnya, seni pewayangan merupakan warisan budaya yang mesti dipertahankan dan dijaga kelestariannya. Wayang kulit di masa kini harus bisa menjadi media dakwah yang efektif ditengah masyarakat.

“Kami harap momen ini dapat meningkatkan rasa syukur kita atas segala keberkahan yang Allah SWT berikan kepada kita semua, khususnya seluruh masyarakat Desa Way Galih,” ujar Nanang.

Dia mengajak generasi muda saat ini untuk tetap mempertahankan tradisi dan budaya yang sudah diwariskan oleh nenek moyang dulu sebagai semangat patriotisme dan bentuk cinta kepada tanah air.

“Saya berharap bagi generasi muda yang ada di Desa Way Galih ini bisa terus berinovasi memiliki kreativitas yang baik dan para tokohnya memberikan dukungan bagi generasi muda dalam berinovasi. Untuk itu mari kita bergerak bersama, terus tingkatkan kebersamaan, gotong royong, persatuan dan kesatuan untuk membangun dalam memajukan desa Way Galih,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Way Galih, Joko Waskito menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Bupati Lampung Selatan beserta jajarannya, yang telah hadir serta memberikan dukungan sepenuhnya kepada warga masyarakat Desa Way Galih.

“Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu serangkaian acara ini, khususnya kepada bapak bupati yang telah hadir ditengah-tengah kita. Semoga kedepannya kita terus dapat merawat dan mempertahankan tradisi yang ada. Dan kami berharap acara bersih desa kedepannya dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata  Joko Waskito. (sel)

banner 528x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *