Didik Isnanto Anggota DPRD Metro Ajak Masyarakat Awasi perbaikan Jl. patimura

Kota Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro tengah melakukan perbaikan jalan Pattimura, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat mengajak seluruh masyarakat untuk mengawasi proses pembangunan yang sedang berjalan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Metro, Didik Isnanto. Ia mengungkapkan bahwa Pemkot Metro tengah mengambil alih perbaikan jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung.

Didik mengharapkan, perbaikan jalan Pattimura yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Metro itu dapat menghasilkan kualitas yang baik.

“Jalan itu kan sudah dilakukan perbaikan, dan pemerintah daerah mengambil alih perbaikan menggunakan APBD untuk perbaikan jalan Pattimura. Itu menggunakan anggaran rutin, maka kita minta jalan yang diperbaiki berkualitas baik sehingga dapat tahan lama, jangan baru di bangun langsung rusak,” ucapnya, Minggu (24/7/2022).

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta Pemkot untuk terus melakukan pengawasan terhadap seluruh proses pembangunan agar menghasilkan produk infrastruktur yang diharapkan masyarakat.

“Kami juga meminta Pemkot untuk terus melakukan pengawasan dan evaluasi jika ditemukan kejanggalan atas perbaikan tersebut. Karena infrastruktur jalan itu adalah urat nadi perekonomian, jadi jangan dibangun asal-asalan,” ujarnya.

Anggota dewan dari Dapil Metro Utara tersebut juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama melakukan pengawasan terhadap proses pembangunan.

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat dan pengguna jalan, teman-teman Ormas, LSM dan rekan-rekan wartawan untuk bersama mengawasi proses pembangunan yang ada di Kota Metro agar proses pembangunan berjalan dan berkualitas sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya.

Saat awak media melakukan pengecekan terhadap pembangunan Jalan Pattimura, Kepala rombongan pekerja, Ruswan mengaku tahapan perbaikan jalan tersebut telah mencapai 50 persen.

“Kita mulai penggalian itu sejak hari Minggu, sudah seminggu ini. Ini sudah 50 persen,” kata Ruswan saat diwawancarai.

Ia menargetkan, pada 26 Juli 2022 jalan Pattimura sudah selesai dan dapat dilintasi oleh kendaraan masyarakat.

“Jadi kalau tidak besok ya Selasa. Targetnya Selasa sudah bisa dilintasi,” singkatnya.

Ruswan juga mengaku tidak mengetahui jumlah anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan jalan Pattimura.

“Tidak tau masalah anggaran, ini kan tidak tender, ini yang kerjakan Dinas langsung. Ini pakai anggaran rutin, nilainya saya tidak tahu,” tandasnya.

Sayangnya, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Metro I Gede Made Suwanda belum dapat dikonfirmasi. Saat Kupastuntas.co mencoba mengkonfirmasi melalui sambungan telepon, yang bersangkutan sedang mengemudikan kendaraan.

Sementara, Kabid Bina Marga DPUTR, Nurmanto juga belum dapat dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui sambungan telepon tidak aktif.

Dari pantauan dan informasi yang dihimpun awak media, Jl. Pattimura yang sebelumnya rusak parah kini telah dilakukan perbaikan sepanjang 800 meter dengan metode tambal sulam.

Sebelumnya, Asisten II Pemkot Metro, Yeri Ehwan, mengatakan pengerjaan jalan tersebut dilakukan menggunakan APBD Pemkot Metro sambil menunggu pengerjaan yang dilakukan oleh Pemprov Lampung.

“Untuk Jalan Pattimura, itu yang bisa kami lakukan sekarang kalau mau maksimal ya harus dirinci dan dihitung dengan maksimal. Serta pengerjaannya juga akan dilakukan oleh provinsi, karena memang saat ini menggunakan anggaran pemeliharaan yang sifatnya darurat,” tandasnya. (Red/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here