Kadis Disdukcapil Jabarkan Jumlah Pemilih Pemula

Tulang Bawang Barat : Dinas Catatan dan Kependudukan Sipil Kabupaten Tulang Bawang Barat menjelaskan bahwa ada penambahan pemilih pemula pada tahapan pemilu 2024 mendatang sebesar lebih 3% dari jumlah penduduk yang ada saat ini.

Hal itu disampaikan langsung oleh Hariyanto Kepala Dinas Disdukcapil Tubaba kepada pihak wartawan pada Hari Senin (21/11) diruangan kerjanya. Dalam penjelasan nya, jumlah penduduk Tubaba saat ini berkisar 300.328. “Dari jumlah tersebut ada sekitar 11.628 pemilih pemula berdasarkan pendataan pada tahun 2021 dimana telah dilakukan perekaman e-KTP diusia 17 Tahun keatas dan sudah melakukan perekaman 100%,”jelasnya.

Masih dirinya, proses perekaman kita lakukan dengan metode perekaman di tenpat-tempat tertentu yang telah disediakan koordinatnya. “Ada di setiap Tiyuh, Kantor Kecamatan serta semua sekolah tingkat SLTA/sederajat yang ada di Tubaba,”tambahnya.

Saat ditanya perihal sistem informasi disdukcapil yang memasuki proses pemindahan data ke sistem digital, Bang Hari (sapaan akrabnya,red) mengatakan bahwa hal tersebut sudah diupayakan semaksimal mungkin kepada seluruh penduduk khususnya di Tubaba untuk memperoleh fasilitas berbasis aplikasi.

“Kita sudah singkronkan dengan aplikasi yang disiapkan oleh kementrian dalam negeri perihal data masyarakat, dan kami sangat berharap kepada masyarakat agar dapat kekantor sini (Capil,re) untuk melakukan pendaftaran via online agar bisa masuk ke sistem aplikasi yang telah ada. Agar nanti nya setiap masyarakat tidak lagi merasa bingung perihal pencetakan Kartu Keluarga (KK) maupun kedepan dokumen yang lainnya secara mandiri,”pungkasnya.

Dian Putra

Foto Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here