Sugeng Riyanto: Semoga Anak PMR Tubaba Bisa Jadi Relawan Masa Depan

Journalis,Tulang Bawang Barat-Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dll)yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalang merahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan,minggu 02/02/2020.

Palang Merah Remaja (PMR) bertujuan memberitahukan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kesehatan umum Dalam Pertolongan Pertama.

Agus Subagio selaku Ketua PMI kabupaten Tulang Bawang Barat
Yang hal ini diwakilkan oleh sugeng Rianto kepala markas setempat menerangkan”Palang Merah Indonesia (PMI) lahir untuk membantu sesama dalam bidang sosial dan kemanusian, pertama datang dari dua orang Indonesia bernama dr RCL Senduk dan Bahder Djohan pada 1932, Keduanya sepakat untuk membentuk badan kemanusiaan, namun di bawah pengawasan bumiputra, Rencana tersebut mendapat penolakan dari Kolonial Belanda yang masih menjajah Indonesia,”terangnya.

Sugeng menambahkan “Badan kemanusiaan sedianya memang hanya ada satu dalam sebuah negara , Sedangkan posisi Indonesia ketika itu belum merdeka, Saat itu sudah ada (Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (Nerkai) yang merupakan organisasi Palang Merah,”ujarnya.

Nerkai merupakan organisasi yang semula bernama Het Nederland-Indiche Rode Kruis (NIRK), yang didirikan pada 21 Oktober 1873.

Setelah proklamasi kemerdekaan, PMI baru bisa terealisasi setelah Menteri Kesehatan Buntaran menyiapkan pembentukan badan tersebut. Kemudian, 17 September 1945 menjadi saksi lahirnya badan kemanusiaan “milik bangsa Indonesia” terlepas dari bayang-bayang penjajah.

Serah terima naskah dari Nerkai ke PMI terjadi pada 16 Januari 1950, setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia. Sejak saat itu, PMI mulai fokus terhadap memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat.

Setelah berjalan, PMI mulai berpikir untuk memberikan pengenalan bidan ini kepada lingkungan remaja yang akhirnya terbentuk Palang Merah Remaja (PMR).

Sugeng mebgtakan “Maka dari itu PMI Tulang Bawang Barat melantik PMR yang ada di sekolah sekolah di kabupaten setempat agar dapat menjadi relawan masadepan,”Pungkasnya.

(taufik)

banner 528x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *